Timtek Deptan Kembangkan Teknologi IPAT-BO di Lutim

ABG – Tim teknis (timtek) Departemen Pertanian kembangkan uji coba penggunaan teknologi IPAT-BO (Intensifikasi Padi Aerob Terkendali Berbasis Organik) di kabupaten Luwu Timur (lutim), Sulawesi Selatan.

Menurut Koordinator Timtek Departemen Pertanian Yedio James Putra Nenobais, di Makassar, Kamis, untuk tahap awal pihaknya melakukan ujicoba teknologi IPAT-BO itu di 5 kecamatan di kabupaten Lutim, Sulsel.

Program itu dilakukan bekerjasama dengan Kodam VII/Wirabuana dalam karya bhakti pelestarian dan pemanfaatan lingkungan hidup serta penebaran persemaian benih TP2 padi ABG metode IPAT-BO di Desa Pekaloa, Kecamatan Towuti, Lutim, Sulsel.

Sejumlah kegiatan yang ditinjau bersama dengan Kodam VII/Wirabuana yakni pemanfaatan lahan tidur dalam rangka penanggulangan perambahan hutan, persemaian cabai, persemaian padi IPAT-BO serta penyiapan Pompa Air Tanpa Motor (PATM) untuk pengairan lahan persawahan.

Penyiapan lahan yang disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur bekerjasama dengan Kodam VII/Wirabuana beserta PT Inco sebanyak 211 hektare.

Pemda Lutim beserta PT Inco sudah menyiapkan 80 ha lahan yang sudah siap untuk dikelola, 100 ha untuk pemanfaatan lahan tidur yang sedang dalam pembersihan, dua ha untuk persemaian cabai, dan empat hektare persemaian padi IPAT-BO.

Dari hasil ujicoba IPAT-BO yang dilaksanakan 18 kecamatan yang dilakukan di 168 lokasi di kabupaten Gowa, Sulsel sebelumnya telah memberikan hasil produksi varietas padi yang memuaskan.

“Setiap lokasi diujicobakan 2 hektar, tingkat produksi rata-rata mencapai 7 ton per hektar dengan umur tanam hanya 113 hari,” ujarnya.

Keberhasilan Gowa dalam ujicoba IPAT-BO ini terungkap dalam panen perdana padi program IPAT-BO dan Biotech yang dilakukan di daerah tersebut.

Dia berharap, pemerintah kabupaten dan masyarakat Lutim juga akan merespon pemanfaatan penggunaan teknologi melalui IPAT-BO. Sehingga, produksi pertanian dapat dodorong untuk mendukung program surplus 2 juta ton beras di Sulsel.[antara-sulawesiselatan.com]

Iklan

2 pemikiran pada “Timtek Deptan Kembangkan Teknologi IPAT-BO di Lutim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s